Menurut Survei Ganjar Selalu Masuk Tiga Besar Kandidat Capres

Motor GP – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, PKS ingin mencalonkan kader partai sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2024. Hal itu disampaikan Mardani merespons sejumlah hasil survei yang menempatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tiga tokoh dengan elektabilitas tertinggi. “PKS terus menyiapkan diri memajukan kader untuk maju dalam kontestasi pilpres dengan tetap membuka komunikasi dengan semua pihak dan tokoh karena untuk bertanding perlu berkoalisi dengan banyak pihak,” kata Mardani saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Namun, Mardani enggan mengungkap siapa kader PKS yang akan dicalonkan pada pilpres mendatang. “Majelis syuro akan membuat pengumuman,” ujar dia. Mardani mengucapkan selamat kepada tiga tokoh di atas yang acap kali bertengger di urutan teratas beragam hasil survei.

Akan tetapi, ia menilai perlu ada tokoh-tokoh lain yang dimunculkan agar publik memiliki lebih banyak opsi dalam memilih calon pemimpinnya kelak. “Mengucapkan selamat pada Pak Prabowo, Mas Ganjar, dan Mas Anies. PKS berharap lebih banyak lagi tokoh nasional yang manggung agar ada kompetisi yang sehat dan berkualitas,” ujar dia.

Ia pun tidak menutup kemungkinan apabila PKS pada akhirnya mengusung calon dari luar partai, termasuk Anies Baswedan yang sering dihubung-hubungkan dengan PKS oleh sejumlah pihak. “Pintu selalu terbuka. Apalagi dengan Mas Anies Baswedan yang sudah dekat dan selama ini baik hubungannya,” kata Mardani.

Berdasarkan sejumlah hasil survei yang dirilis dalam beberapa waktu terakhir, nama Prabowo, Ganjar, dan Anies konsisten berada di tiga besar survei elektabilitas calon presiden. Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang digelar 21-28 Mei 2021 menunjukkan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 21,5 persen, disusul Ganjar (12,6 persen), dan Anies (12 persen). Survei Parameter Politik Indonesia yang digelar pada 23-28 Mei 2021 juga menunjukkan hasil serupa, yakni Prabowo (18,3 persen), Ganjar (16,5 persen), dan Anies (15,1 persen).

“Memang ada kecenderungan hampir sama dengan bebera lembaga survei yang lain bahwa top three dari capres saat ini memang nama-namanya adalah tiga nama, Prabowo, Ganjar, dan Anies Baswedan,” ujar peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam konferensi pers, Kamis (17/6/2021).


Sumber: Kompas.com

Add Comment

close